Dosen Pembimbing : Dr. Lu'mu, M. Pd

Kamis, 01 Juni 2017

Analisis Skripsi








Tugas MK. Statistik
Imam Gazali Suarno
1625044024
S1
Judul Skripsi
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MENGOPRASIKAN WEB DESIGN (INTERNET) DI SMKN 2 TAKALAR
OLEH:
IRWANA
1225040016

A.      Analisis Metodologi
Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Dimana penelitan yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap penelitian serta adanya konntrol. Sehingga penelitian membagi subjek atau objek yang diteliti menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (diberi perlakuan), sehingga akan diketahui sebab dan akibatnya. (Sugiyono, 2015 : 107).
Adapun desain penelitiannya adalah sebagai berikut:
Eksperimen
O1      X       O2
Kontrol
O3                O4
                                      (Sugiyono, 2015: 112)
Keterangan :                         
O1 dan O3           :Kemampuan peserta didik sebelum perlakuan
O2 dan O4           :Kemampuan Peserta didik setelah perlakuan
X                          :Perlakuan dengan media pembelajaran Edmodo

Sebelum diberi perlakuan, kedua kelompok diberikan pretest terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan memberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Setelah pemberian perlakuan, langkah berikutnya adalah pemberian posttest untuk mendapatkan hasil belajar akhir yang dapat memperlihatkan efektifitas media pembelajaran  Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik.
Tabel Pengelompokkan Populasi

No.
Kelas X
Jumlah Peserta Didik
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1.
X TKJ 1 (Eksperimen)
18
11
29
2.
X TKJ 2 ( Kontrol)
12
20
32
Total
30
21
61
Sumber : Data Peserta didik SMK Negeri 2 Takalar
Berdasarkan jumlah populasi diatas menurut Sugiyono (2015:132) untuk penelitian eksperimen yang sederhana, yang menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol, maka jumlah anggota sampel masing-masing antara 10 s/d 30. Sehingga dalam penelitian ini jumlah anggota sampel masing-masing kelompok Eksperimen dan Kontrol adalah 27 orang.
Variabel Penelitian
Dalam penelitian ini terdapat 2 buah variabel penelitian, yang  terdiri satu variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu :
1.         Variable Bebas (Independen)
Variable  bebas merupakan variabel yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel terikat (dependen). Dalam Penelitian ini, penggunaan media pembelajaran Edmodo merupakan variabel bebas.
2.         Variabel Terikat (Dependen)
Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. Dalam penelitian ini, variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik.

B.      Analisis Statistik
Nilai Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol
NO
Kelas
Nilai
Frekuensi



1



Eksperimen
81-100
1
61-80
5
41-60
21
21-40
0
0-20
0
Jumlah
27


2


Kontrol
81-100
1
61-80
5
41-60
21
21-40
0
0-20
0
Jumlah
27

Tabel di atas menunjukkan hasil nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tabel diatas maka dapat dilihat gambaran penyebaran nilai hasil prestest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dan kontrol penyebaran nilai berpusat pada rentang nilai 41-60 yang berarti nilai hasil pretest pada kelas eksperimen dan kontrol dominan pada nilai tengah antara nilai terendah dengan nilai tertinggi.
NO
Kelas
Nilai
Frekuensi



1



Eksperimen
81-100
13
61-80
14
41-60
0
21-40
0
0-20
0
Jumlah
27


2


Kontrol
81-100
5
61-80
6
41-60
12
21-40
3
0-20
1
Jumlah
27

Tabel diatas menunjukkan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat gambaran penyebaran nilai hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen penyebaran nilai berpusat pada rentang nilai 61-100 Yang berarti nilai hasil posttest pada kelas eksperimen dominan pada nilai tengah ke nilai ke nilai tertinggi, sedangkan pada kelas kontrol penyebaran nilai berpusat pada rentang 41- 60 yang berarti data hasil posttest dan kelas kontrol dominan pada nilai tengah.
Berdasarkan pelaksanaan penelitian diperoleh hasil pretest dan posttest dari instrument tes yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (Terlampir) dan kemudian akan diperoleh nilai gain yaitu selisih antara nilai posttest dan pretest tercantum pada lampiran atau selisih antara posttest dan pretest dapat juga dilihat pada tabel berikut.
Tabel Gain rata-rata skor pretest dan posttest


Kelas
Pretest
Posttest
Gain
Eksperimen
57
83
27
Kontrol
57
61
18



Gambar Rata-rata skor Pretest dan Posttest
Dalam grafik berikut ini dapat dilihat perbedaan skor Posttest dan Pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial.
1.         Statistik Deskriptif

Analisis statistik deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai karakteristik pencapaian hasil belajar peserta didik dalam analisis ini digunakan  rata-rata, rentang, standar deviasi, skor tertinggi dan skor terendah, koefisien variasi serta ketuntasan hasil belajar dari setiap kelompok penelitian. Pada penelitian ini tahap analisis deskriptif menggunakan bantuan software SPSS Statistic 16.0 for Windows.
2.         Analisis Statistik Inferensial
Statistik inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.

       C. Rangkuman 
1.     Judul skripsi “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mengoprasikan Web Design (Internet) Di Smkn 2 Takalar” oleh IRWANA (1225040016). 
2.      jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. 
3.      Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Takalar pada peserta didik kelas XII TKJ yang terdiri 2 kelas yaitu kelas XII TKJI 1 kelas eksperimen dan XII TKJ 2 kelas kontrol pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 untuk mata pelajaran Mengoperasikan Web Design (Internet). Dengan alokasi waktu pada bulan Agustus-september. 
4.      Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII TKJ   berjumlah sebanyak 61 peserta didik yang terdiri dari dua kelas. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Ramdom Sampling. Dikatakan simple (sederhana) karena anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu (Sugiyono, 2015: 120).
5.      Dalam penelitian ini terdapat 2 buah variabel penelitian, yang  terdiri satu variabel bebas dan satu variabel terikat. 
6.      Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial. 
7.      Berdasarkan permasalahan, tujuan penelitian, hasil analisis, dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran Edmodo lebih baik daripada penggunaan metode pembelajaran ceramah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes untuk kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan (pre-test) memperoleh nilai rata-rata 57 dan kelas eksperimen 57. Sedangkan untuk hasil (post-test) pada kelas kontrol dengan rata-rata 61 dan kelas eskperimen dengan rata-rata 83. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Edmodo lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah. 
8.      Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, diharapkan pihak sekolah terkhusus bagi Pendidik mata pelajaran dapat menggunakan media pembelajaran media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar